Sukses di tempat kerja merupakan keinginan semua karyawan,
apalagi jika diberi kesempatan yang luas untuk menduduki jabatan yang
tertinggi. Namun hal itu tidak mudah untuk dicapai karena diperlukan
banyak hal yang harus dikuasai dan dijalankan baik pada diri sendiri
maupun bersama rekan, bawahan dan atasan.
Berikut ini adalah hal-hal / faktor-faktor yang dapat mengantar kita pada kesuksesan / keberhasilan di tempat kerja kita dari organisasi.org :
Semoga kiat sederhana ini berguna bagi kita semua.
Berikut ini adalah hal-hal / faktor-faktor yang dapat mengantar kita pada kesuksesan / keberhasilan di tempat kerja kita dari organisasi.org :
1. Disiplin Tinggi
Hal mulai dari seragam pakaian, ketaatan waktu mulai kerja dan pulang
kerja, waktu istirahat, tepat waktu dalam menjalankan tugas atau
perintah, tidak membuat kericuhan serta mentaati segala aturan yang
berlaku merupakan contoh dari menjunjung kedisiplinan dalam bekerja.
2. Mampu Mengendalikan Diri
Jadikan emosi kita sebagai pemacu kinerja kerja kita daripada hanya
merusak hubungan kita dengan orang lain. Emosi bisa beracam-maca mulai
dari perasaan marah, benci, dendam, sedih, takut, dan sebagainya.
Bertindaklah yang wajar walaupun emosi anda sedang kacau kerena berbagai
faktor. Sabar, mampu menganalisis situasi kondisi dan tidak bertindak
gegabah merupakan hal yang baik dari pengendalian diri di kantor.
3. Mampu Bekerja Sama Dalam Tim
Kemampuan membagi tugas dengan rekan kerja, berkoordinasi dengan
bawahan dan atasan, saling mengisi kekurangan, saling bahu-membahu,
tidak saling menjatuhkan, bersaing secara sehat, memiliki komunikasi
yang aktif dan sehat merupakan beberapa hal yang dapat membuat tim kerja
menjadi baik.
4. Tahan Banting Dan Sehat
Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan besar, dikejar-kejar
target/dead line, mampu bekerja di luar jam kerja, dimarahi atasan,
tegar menghadapi berbagai persoalan pelik, tidak mudah jatuh sakit,
tidak mudah stres akan sangat menunjang kesempurnaan hasil kerja kita.
5. Memiliki Kemampuan Berpikir Yang Baik
Mampu bekerja tanpa harus selalu diajari orang lain, mampu
mengidentifikasi input, melaksanakan proses dan menghasikan output yang
diharapkan kantor dalam bekerja, mampu mengatasi konflik, bersikap
dewasa, mampu fokus/konsentrasi penuh pada penyelesaian pekerjaan yang
diberikan, wawasan dan jaringan luas, mempunyai daya ingat dan runtun
berpikir yang baik akan menunjang keberhasilan kita di perusahaan tempat
kita bekerja.
6. Kreatif Dan Inovatif
Ciptakan hal-hal yang baru dan segar yang dapat menunjang aktivitas
kerja kita serta mampu membuat pencapaian target tercapai dalam waktu
singkat atau waktu kerja menjadi lebih singkat terselesaikan. Mampu
memberikan masukan-masukan bermanfaat akan membuat perusahaan dan atasan
memperhitungkan kita.
7. Mampu Mencapai Target
Sedari mula buat perencanaan yang baik dalam pencapaian target yang
diberikan dan buat time line jadwal dari tahap-tahap pekerjaan yang
harus dilewati agar nantinya tidak terburu-buru di akhir tenggat waktu
dan terlalu santai di awal waktu. Di tengah jalan pun kita harus mampu
mengubah rencana, metode dan langkah kerja bila diperlukan. apabila
target yang diberikan mustahil anda gapai walaupun segenap tenaga, waktu
dan pikiran anda curahkan, maka bicarakan baik-baik pada atasan agar
meninjau kembali target yang diberikan beserta alasan-alasan logis yang
dapat diterima pimpinan.
8. Menghormati Dan Menghargai Orang Lain
Hargailah orang-orang yang ada di sekitar kita karena mereka mungkin
saja akan dapat membantu pekerjaan kita baik secara langsung maupun
tidak langsung. Office boy, caraka, cleaning service, satpam, orang
kantin, petugas parkir, pegawai kantor lain, penduduk sekitar, dan
lain-lain merupakan pihak yang perlu kita hargai dan hormati serta kita
anggap seperti teman sendiri agar ketika kita ada kesulitan mereka akan
membantu kita dengan senang hati tanpa diminta.
9. Itikad Baik
Bekerjalah dengan senang hari untuk membangun dan mencapai tujuan
perusahaan. Jangan terlalu banyak menuntut hak kita jika kewajiban kita
banyak yang kita lalaikan. Pelajari dan laksanakan segala peraturan,
pedoman kerja serta budaya perusahaan. Jangan mudah terprovokasi dan
diiming-imingi materi untuk membocorkan rahasia perusahaan atau pindah
ke perusahaan lain. Bekerjalah dengan baik dan setia apabila perusahaan
telah memberikan apa-apa yang kita butuhkan. Terlalu rakus,
materialistis, menghalalkan segala cara dan hidup berlebihan akan dapat
menghancurkan karier kita. Syukuri dan bersyukur atas apa yang telah
kita peroleh akan membuat kita semakin bahagia lahir dan batin.
10. Mampu Belajar, Mengamati dan Mengevaluasi
Selain bekerja kita sebaiknya terus belajar dari pengalaman diri
sendiri serta pengalaman orang lain dan juga dari berbagai referensi
yang mampu meningkatkan kinerja kita. Kita harus mampu melihat dan
membaca situasi dari awal hingga akhir agar dapat membandingkan serta
melakukan evaluasi untuk memperbaiki yang kurang baik dan mengembangkan
yang sudah baik.
----------
Faktor-faktor penunjang sukses di kantor di atas mungkin secara keseluruhan tidak dapat anda kuasai. Tapi minimal anda kembangkan kelebihan anda dan minimalisir kekurangan anda. Faktor di atas tidak dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan, ras, agama, keturunan, kondisi ekonomi, dan sebagainya. Orang yang berasal dari kelaurga mampu, lulusan S3 dan anak dari mantan presiden direktur belum tentu bisa mengungguli seseorang dari keluarga miskin, putus sekolah, anak petani kecil dan pernah kerja kasar.
Semoga kiat sederhana ini berguna bagi kita semua.
0 komentar:
Posting Komentar